Label

Senin, 10 Juni 2013

Penyebab Perubahan Sifat Benda

Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Sifat Benda


Pernahkah kamu memerhatikan ibumu ketika memasak air? Air dimasak sampai mendidih. Apakah sifat-sifat air sebelum dan sesudah mendidih ada perubahan? Jika kamu memasukkan bahan makanan ke dalam lemari es, apakah makanan tersebut berubah sifat-sifatnya?

Dalam kehidupan sehari-hari, perubahan sifat benda dapat disebabkan oleh pemanasan, pendi nginan, atau pembakaran. Apakah benda yang mengalami pemanasan, pendinginan, atau pembakaran akan berubah sifat?

1. Pemanasan
Ketika Ibumu memasak air, air tersebut mengalami peningkatan suhu. Air yang asalnya dingin berubah menjadi panas. Setelah itu, air mendidih. Ketika mendidih, uap air akan keluar dari panci. Salah satu sifat air adalah jika air dipanaskan, suhunya akan meningkat atau panas.
Jadi, benda jika dipanaskan akan berubah sifatnya.

2. Pendinginan
Air yang dimasukkan ke dalam ruang pembeku (freezer) dalam lemari es, akan membeku. Salah satu sifat air jika didinginkan sampai suhu nol derajat celsius lama-kelamaan suhunya akan menurun. Air tersebut berubah men jadi es batu.

3. Pembakaran

Pernahkah kamu memerhatikan orang membakar sampah? Apakah sampah yang dibakar itu berubah sifatnya? Kertas yang dibakar menjadi hancur dan berubah warna menjadi hitam. Sampah plastik yang dibakar juga akan berubah sifatnya. Semua benda yang dibakar akan mengeluarkan bau kurang enak. Jadi, benda yang dibakar akan mengalami perubahan sifat benda, yaitu hancur dan warnanya berubah, serta mengeluarkan bau.

Benda yang mengalami perubahan ada yang kembali ke sifat semula, ada yang tidak kembali ke sifat semula. Benda yang dapat kembali ke sifat semula perubahan-nya bersifat sementara. Contohnya, air yang membeku.
Jika air tersebut mencair sifat air akan kembali seperti semula. Coba kamu cari contoh lainnya. Benda yang tidak dapat kembali ke bentuk semula berarti perubahannya bersifat tetap. Contohnya, kayu yang dibakar akan berubah menjadi arang.

------------

• Setiap bahan memiliki sifat yang berbeda-beda.
• Jenis dan sifat bahan terdiri dari:
a. Serat. Bahan serat berasal dari tumbuhan, minyak, dan mineral.
b. Kertas, terbuat dari kapas. Kertas bersifat mudah terbakar.
c. Benang, merupakan gulungan dari berbagai serat. Benang bersifat lentur dan tidak mudah putus.
d. Kain. Bahan kain berasal dari tumbuhan atau hewan. Kain bersifat lembut.
e. Tali terbuat dari serat yang dipilin. Tali bersifat tidak halus dan lentur.
• Faktor penyebab perubahan sifat benda adalah pemanasan, pendinginan, dan pembakaran.
• Benda dikatakan mengalami perubahan sifat jika bentuk, warna, dan baunya berubah.

Sumber : http://iklan.okrek.com/2012/01/faktor-faktor-penyebab-perubahan-sifat.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar